5 Cara Untuk Menghindari Diabetes

Diabetes mellitus atau yang lebih dikenal dengan kencing manis adalah penyakit yang tanpa disadari menyerang kita. Banyak sekali kejadian di rumah sakit penyakit diabetes tanpa di sadari oleh penderita,pasien sadar sudah terkena diabetes pada saat di rumah sakit. Oleh karena itu bagi kita yang sudah berumur diatas 35 tahun wajib untuk memeriksakan diri kadar gula kita. Baca selanjutnya ...

Cara Merangsang Otak Anak

Untuk orang tua jangan sampai lewatkan periode emas anak kita,periode emas yang terjadinya 1 kali dalam hidup sangat di sayangkan bila di lewatkan oleh orang tua. Periode emas yang terjadi pada umur 1-3 tahun dimana pada waktu itu anak sedang dalam proses membentuk jati diri. Pembentukan kognisi serta emosi pada periode emas ciptakan fondasi yang hakiki buat anak oleh karena itu sangat di sayangkan seandinya di lewatkan orng tua. Dalam periode emas ini orang tua sangat berperan penting mulai memberikan nutrisi yang lengkap dan seimbang hingga membantu anak mencapai perkembangan mental dan kognisi yang optimal. Baca selanjutnya ...

Asuhan Keperawatan pada pasien Fraktur

Fraktur cruris adalah terputusnya kontinuitas tulang dan ditentukan sesuai jenis dan luasnya, terjadi pada tulang tibia dan fibula. Fraktur terjadi jika tulang dikenao stress yang lebih besar dari yang dapat diabsorbsinya. (Brunner and Suddart, 2000) Baca selanjutnya ...

Mengenal Lebih Jauh Tentang Hamil Anggur (Mola Hydatidosa)

Kehamilan anggur atau dalam kata medis di kenal dengan mola hydatidosa adalah tumor yang jinak (benigna) dari chorion yang terjadi pada masa reproduksi. Kehamilan anggur sering terjadi pada wanita umur 45 tahun ke atas namun di rumah sakit besar jarang terjadi terutama di Indonesia kira-kira 1 di antara 80 persalinan. Baca selanjutnya ...

Asuhan Keperawatan pada pasien Tbc

Tuberculosis adalah penyakit yang disebabkan Mycobacterium tuberculosis yang hampir seluruh organ tubuh dapat terserang olehnya, tapi yang paling banyak adalah paru-paru (IPD, FK, UI). Tuberculosis adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh Mycobacterium Tuberculosis dengan gejala yang sangat bervariasi ( Mansjoer , 1999). Etiologi Tuberculosis Paru adalah Mycobacterium Tuberculosis yang berbentuk batang dan Tahan asam ( Price , 1997 ) Penyebab Tuberculosis adalah M. Tuberculosis bentuk batang panjang 1 – 4 /mm Dengan tebal 0,3 – 0,5 mm. selain itu juga kuman lain yang memberi infeksi yang sama yaitu M. Bovis, M. Kansasii, M. Intracellutare. Baca selanjutnya ...

Kenali Penyakit Jantung dan Pencegahannya

Senin, 11 Juli 2011




Kenali Penyakit Jantung Dan Pencegahannya



Penyakit jantung adalah penyakit pembunuh No.1 di dunia yang dapat menghinggap pada setiap manusia. Kita wajib waspada sebab datangnya tanpa di ketahui,kita tentu ingat dengan penyakit yang di derita oleh artis adjie massaid,atau yang terbaru penyakit K.H zainuddin MZ. Penyakit yang mendadak tanpa diketahui penyebabnya,semua pihak menyatakan dengan pasti bahwa hal itu di sebabkan oleh penyakit jantung.
Maka untuk mencegah semua itu mari kita kenal lebih jauh dengan yang namanya penyakit jantung. Mungkin dengan membaca literature ini kita semua dapat menghindarinya.


PENYAKIT JANTUNG




Ada beberapa jenis penyakit jantung tapi baru-baru ini penyakit jantung yang paling tren adalah penyakit jantung yang datangnya mendadak yang dalam dunia medis di kenal dengan INFARK MIOKARD AKUT ( IMA ), Mari kita kenali tanda dan gejalanya.

A.   TANDA DAN GEJALA

Tanda dan gejala yang sering muncul pada serangan jantung :
Ø Gejala paling umum adalah rasa tidak nyaman atau nyeri dada yang mempunyai karakteristik seperti :
·        Perasaan tertindih yang tidak nyaman,diremas,berat,sesak,atau nyeri.
·        Lokasi nyeri biasanya di dada sebeleh kiri dan di belakang tulang belikat.
·        Dapat menyebar ke bahu,leher,rahang bawah,atau kedua lengan dan kadang menjalar ke perut bagian atas.
·        Biasanya bertahan salama lebih dari 20 menit,terkadang nyeri timbul kadang juga hilang.
Ø Gejala lain yang mungkin ada atau mengikuti :
·        Berkeringat
·        Nausea atau mual
·        Sesak nafas
·        Kelemahan
·        Tidak sadar (pingsan)
               Dari tanda-tanda di atas kita dapat belajar tentang gejala penyakit                               jantung,terkadang kita merehkan hal-hal tersebut. Hal ini juga yang menyebabkan banyak orang yang sakit jantung langsung meninggal di tempat. Jadi bila kita atau orang terdekat kita mengalami tanda-tanda seperti di atas maka segeralah untuk periksa karena lebih cepat lebih baik.
            
B. FAKTOR RESIKO PENYAKIT JANTUNG
Selain tanda dan gejala diatas kita perlu mengetahui adanya faktor-faktor resiko dari penyakit jantung yang bisa dijadikan kita acuan agar kita lebih waspada.
Ø Faktor resiko utama yang tidak dapat kita diubah :
·        Keturunan
·        Jenis kelamin laki-laki
·        Bertambahnya usia
Ø Faktor resiko utama yang dapat diubah :
·        Merokok
Merokok meningkatkan 2-3 kali lipat resiko kematian karena penyakit jantung dan pembuluh darah.
·        Tekanan darah tinggi dan Diabetes mellitus (kencing manis)
The American Heart Association menhanggapDiabetes sebagai faktor utama resiko penyakit kardiovaskuler yang diidap sekitar 150 juta orang di seluruh dunia,dan prevelensinya,terutama pada usia muda,terus menigkat dalam 25 tahun kedepan.
·        Kadar kolesterol darah tinggi
Kolesterol adalah faktor kunci dari proses ateroskerosis,yahg menjadi dasar meningkatnya penyakit kardiovaskler.
Ø Faktor resiko lain yang dapat di modifikasi :
·        Kegemukan
Kecendurangan pola makan yang salah menyebabkan kegemukan,kurangnya konsumsi sayur dan buah diperkirakan menyebabkan sekitar 31% penyakit jantung.
·        Kurang aktivitas fisik
Aktivitas fisik menurunkan menurunkan resiko penyakit jantung dan diabetes.
·        Stress.

C. GAYA HIDUP SEHAT UNTUK JANTUNG
Dari uraian diatas tentu kita dapat sedikit mengerti tentang penyakit jantung. Pada bagian ini saya akan menyajikan hal-hal yang perlu dilakukan agar kita terhindar dari penyakit jantung. Gaya hidup sehat untuk jantung meliputi mengadopsi gaya hidup yang dapat mengurangi resiko terjadinya serangan jantung di kemudian hari. Mengurangi faktor resiko menurunkan kemungkinan terkena serangan jantung atau stroke.
v Mengontrol tekanan darah tinggi-penatalaksanaan secara umum meliputi mengubah pola makan dan penggunaan obat anti hipertensi.
v    Berhenti merokok secara total.
v    Memperhatikan menu makanan kita,kurangi lemak jenuh dan kolesterol,konsumsi diet seimbang.
v    Turunkan berat badan jika kita kelebihan berat badan.
v    Olah raga sacara teratur,karena dengan olah raga mampu mengurangi berat badan,mampu membakar kolesterol,dan menumbuhkan perasaan bahagia dan sehat.
     
                                Demikian perkenalan yang saya sajikan saya harap pembaca mampu mengerti dan dapat terhindar dari penyakit jantung.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Copyright 2010 Deddy's file. All rights reserved.
Themes by Ex Templates Blogger Templates - Home Recordings - Studio Rekaman